"Menuhankan Ikhtiar"


Senin malam.
Aku duduk diantara bangku-bangku kosong.
Ditemani suara jangkrik.
Hanya satu kursi yang berisi.
Dan itu aku sendiri.

Jangan tanya mana pasangannya?

Aku hanya berusaha menunggu kamu menjemputku 😅😅

Malam ini teramat sunyi.
Aku putuskan untuk melanjutkan membaca halaman buku yang belum aku selesaikan "Awe - Inspiring Me"

Seperti judul diatas "menuhankan ikhtiar".
Awalnya bingung dan perlu pemahaman agak lama.

Dan aku baru sadar bahwa belajar mengenai ikhtiar, aku belum tuntas.

Seringkali berfikir "jika kita mau hasil yang terbaik ya harus ikhtiar terbaik juga".

Dan saat ikhtiar sudah maksimal tapi tidak mendapatkan hasil terbaik. Kita menganggap bahwa Allah tidak adil.

Duhh...

Salah banget ini.

Bukankah itu hak prerogatif Allah yang menentukan hasil akhir?

Manusia hanya mampu merencanakan, berikhtiar dan berdoa.

Masalah hasil baik atau kurang baik itu ditangan Allah..

Dan jangan putus berdoa..
Meskipun Allah tidak mengabulkan doa-doa yang kita panjatkan. Tapi Allah mengganti dengan pahala yang tak kita sangka kelak di akhirat.

الدُّعَاءُ Ù‡ُÙˆَ العِبَادَØ©ُ

”Doa adalah ibadah.” (HR. Tirmidzi no. 2969. Dinilai shahih oleh Syaikh Al-Albani) [1]


Baca selengkapnya https://muslim.or.id/29861-doa-adalah-ibadah-01.html

Jadi, gak ada yang sia-sia dalam berdoa 🤗

Komentar

Postingan populer dari blog ini

HIDUP SESUAI KAPASITAS DIRI

Beranjak Dewasa

Manusia dengan berbagai karakter